Tim Independen BeDa BMR akui Data C1 Menangkan Benny-David

Aske : Form CI yang dikantongi tim pemenangan BeDa saat ini, justru dimenangkan pasangan nomor urut 3,

0
441

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM– Ketua Tim Pemenangan Independen BeDa (Benny-David) Bolaang Mongondow Raya (BMR), belum mengakui hasil hitung cepat sejumlah lembaga survey, yang memenangkan pasangan Nomor Urut 1 Olly Dondokambey-Steven kandow (OD-SK) dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Rabu (9/12) kemarin.

Hal ini sebagaimana ditegaskan ketua Tim Independent Aske Iroth, saat melakukan konfrensi pers, di sekertariat pemenangan BeDa, Kamis (10/9) tadi malam.

“Kami mengira hasil hitung cepat (Quick Count.red) sejumlah lembaga survey sebagaimana yang beredar di media massa (Cetak/Elektronik.red) itu hanya melempar opini, hasil itu belum final serta belum bisa diakui kebenarannya. Kan tidak masuk akal ketika pencoblosan baru saja selesai, sementara hasil quick count yang beredar pukul 13.30 wita, sudah memenangkan pasangan nomor urut 1 (OD-SK), kami mengira itu hanya klaim sepihak berdasarkan perolehan suara mereka (OD-SK) dibeberapa daerah,” ucap Iroth.

Mantan anggota DPRD Bolmong ini menegaskan, diduga hasil ini hanya sebagai upaya membentuk opini untuk melakukan pembohongan publik.

“Ini agar terkesan nomor urut satu yang menang, sementara data dari form CI yang dikantongi tim pemenangan BeDa saat ini, justru dimenangkan pasangan nomor urut 3,” ujarnya.

Hasil ini lanjut Iroth tidak mengada-ada, untuk wilayah BMR saja, pasangan BeDa menang telak dengan perolehan suara berkisar 70 hingga 80 persen. Bahkan informasi terakhir yang dikantongi, untuk daerah Bitung, manado, dan Talaud pasangan BeDa juga unggul.

“Olehnya kami meminta kepada para pendukung BeDa untuk tetap bersabar, sembari menunggu hasil perhitungan real count KPU, kita kawal terus form CI ditiap TPS, karena data yang beredar masih bersifat klaim,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Tim Pemangan BeDa Sulut, Alfian Daini saat dihubungi via seluler mengatakan, saat ini berdasarkan data yang dikantongi tim BeDa, pasangan nomor urut 3 sudah meraih 36,83 persen suara dari jumlah suara yang masuk sekitar 683.000.

“Hasil itu berdasarkan data C1 yang kami kantongi saat ini, dimana dari 683.000 suara (sekitar 45 persen suara yang masuk), pasangan BeDa sudah mengantongi 36,83 persen, perhitungan masih terus dilakukan,” ujar Daini.

Diketahui, sebagaimana hasil hitung cepat sejumlah lembaga survey, pasangan nomor urut 1, Olly Dondokambey-Steven Kandow menang telak dalam Pilkada Sulut dengan perolehan suara sebesar 51,08 persen, sementara pasangan nomor urut 2 Maya-Glenny hanya memperoleh 18 persen suara dan pasangan nomor urut 3 Benny-David hanya meraup 30,02 persen suara. (Oct)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.