Harga Tomat Merah Tembus 25 Ribu Perkilo

0
42

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM–Harga Tomat Merah mengalami Kenaikan disejumlah pasar tradisional di Kotamobagu. Dari Pantauan media ini harga rempah dapur tersebut tembus 25 Ribu perkilo gram.

Jika dibanding rempah dapur lainnya seperti Bawang Merah, Putih, Cabai hanya Tomat merah yang alami Kenaikan Harga.dimana Bawang Merah/ Putih Rp 50 ribu Perkilo dan Cabai Rp 50 ribu perkilo gram.

Wasia salah satu pedagang barito di pasar 23 maret mengaku, kenaikan harga Tomat ini terjadi sejak sepekan terakhir.

” Sebelumnya harga Tomat Rp 15 ribu perkilo gram, tapi sepekan terakhir ini harganya naik mencapai Rp 25 Ribu perkilo,” ujar Wasia diwawancarai media ini Selasa (18/06).

Menurutnya Kenaikan harga tomat ini dipengaruhi oleh cuaca hujan, sehingga mempengaruhi stok yang ada. ” Biasanya kalau hujan seperti ini stoknya kosong sehingga wajar harganya melonjak naik,” terang Wasia

Sekretaris Dinas Perdagangan Kotamobagu Edo Mopobela mengatakan
kenaikan harga tomat dimusim penghujan seperti ini normal terjadi.

” Namun meski demikian, dalam waktu dekat ini kita turun pastikan apa kenaikan ini dipengaruhi kekurangan stok karena cuaca, atau ada permainan dari para tengkula untuk memanfaatkan situasi saat ini, jika itu benar maka kita akan tindak tegas.” kata Edo

(Ridel)