4 Tips Mudah Atasi Memori iPhone yang Sudah Penuh

0
30

Apakah Anda sering merasa kesulitan karena penyimpanan iPhone sudah penuh atau hampir penuh? Memori yang terbatas dapat menjadi masalah yang mengganggu, terutama ketika ingin menyimpan foto, video, atau aplikasi dan game baru. Jika main game di bk8, memang tidak memerlukan proses pemasangan. Namun, memori iPhone yang penuh dapat membuat performanya semakin lambat dan Anda pun kesulitan jika ingin menginstal game yang berat.

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah memori penuh di iPhone tanpa harus mengorbankan data berharga. Simak beberapa tips mudah berikut ini untuk membantu Anda mengelola dan membebaskan ruang penyimpanan di iPhone.

Memeriksa file yang banyak memakan memori

Agar dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan di iPhone, penting untuk mengetahui dengan jelas file apa saja yang paling memakan memori. Dengan begitu Anda akan mengetahui langkah apa yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan memori iPhone Anda.

Untuk memeriksa file yang tersimpan, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka aplikasi Settings. Setelah itu, pilih menu General, dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi iPhone Storage. Ketuk opsi ini untuk melihat rincian lengkap tentang jenis-jenis file dan media yang mengonsumsi ruang penyimpanan di iPhone Anda.

Di menu iPhone Storage, sistem iOS juga akan memberikan beberapa rekomendasi tentang cara-cara untuk membebaskan ruang penyimpanan yang terpakai.

Menyimpan file di cloud

Cara efektif untuk mengatasi memori iPhone yang penuh memang adalah menghapus file besar, foto, atau video dari penyimpanan iPhone Anda. Namun, jika Anda merasa bahwa beberapa foto atau video tersebut masih memiliki nilai sentimental atau penting, Anda masih bisa menyimpannya melalui layanan penyimpanan cloud.

Dengan menyimpan file atau media di penyimpanan cloud, Anda dapat membebaskan ruang di iPhone Anda dengan tidak menyimpan foto atau video di perangkat, tetapi dapat memastikan bahwa kenangan berharga yang terdapat dalam foto-foto tersebut tetap aman dan terjaga di penyimpanan cloud.

Mengubah pengaturan penyimpanan foto atau video

Seringkali, foto dan video menjadi penyebab utama mengapa penyimpanan iPhone Anda cepat penuh. Namun, ada pengaturan yang dapat membantu mengatasi masalah ini dengan mengizinkan iPhone Anda untuk menyimpan foto dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran aslinya.

Anda dapat mengaktifkan opsi ini agar iPhone menyimpan foto dalam resolusi yang lebih rendah, yang memungkinkan Anda untuk tetap memiliki salinan foto-foto tersebut tanpa harus mengorbankan banyak ruang penyimpanan. Foto dan video dengan resolusi penuh dapat disimpan di penyimpanan iCloud, sehingga Anda masih bisa mengaksesnya kapan pun Anda membutuhkannya.

Untuk mengaktifkan fitur ini, langkah pertama adalah membuka aplikasi Settings di iPhone Anda. Kemudian, gulir ke bawah dan cari opsi Photos. Setelah Anda menemukannya, klik untuk membuka pengaturan Photos, dan temukan opsi yang disebut Optimize iPhone Storage.

Menghapus aplikasi yang tidak perlu

Cara lain yang efektif untuk membersihkan ruang penyimpanan di iPhone Anda, yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan secara aktif.

Untuk mengetahui aplikasi mana yang jarang dipakai, buka aplikasi Settings di iPhone Anda, kemudian navigasikan ke menu General. Setelah itu, cari dan ketuk opsi iPhone Storage. Anda akan menemukan daftar semua aplikasi yang terinstal di perangkat Anda, lengkap dengan informasi tentang berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan oleh masing-masing aplikasi.

Selain itu, Anda juga akan melihat kapan terakhir kali Anda menggunakan setiap aplikasi tersebut, sehingga Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi aplikasi mana yang jarang atau bahkan tidak pernah Anda gunakan. (**)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.