Rangkaian Perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah Pemkab Bolmong Sukses Digelar

0
36

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Rangkaian perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah di lingkup Pemkab Bolmong sukses digelar.

Mulai dari pelaksanaan pawai takbir yang dilepas langsung Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, dengan mengambil star di Desa Mopuya, Kecamatan Dumoga Utara, dan finis di Desa Kosio, Kecamatan Dumoga Tengah, Selasa (4/6).

Ribuan peserta yang datang dari berbagai desa ikut dalam pawai tersebut. Pelepasan pawai ditandai dengan pemukulan Beduk oleh Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengatakan, pawai takbir ini sekaligus jadikan sebagai wahana untuk mempererat tali silahturahim, baik antar sesama umat muslim maupun antar umat beragama lainnya.

Sehingga diharapkan dapat menjadi ajang syiar tentang ajaran Islam sebagai agama yang aman, damai serta saling menjaga toleransi, yang merupakan implementasi dari ajaran Islam yang Rahmatan Lil’ Alamiin.

“Atas nama pribadi, keluarga serta pemerintah kabupaten menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 hijriah. Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin,”kata Bupati.

Keesokan harinya, Rabu (5/6), seluruh jajaran Pemkab Bolmong yang dipimpin langsung Bupati Yasti, bersama masyarakat melaksanakan Sholat Idul Fitri yang dipusatkan di lapangan olah raga Desa Otam, Kecamatan Passi Barat.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bolmong, Sulaeman Amba betindak sebagai khotib. Sedangkan, yang menjadi imam sholat ied adalah, Sekretaris DPRD Bolmong, Yahya Fasa.

Dalam khutbahnya, Amba mengajak seluruh umat muslim, untuk bersama melepas ramadan dengan doa dan bermunajat kepada Allah SWT agar selalu diberikan rezeki, kesehatan dan kemudahan dalam melakukan segala aktifitas.

“Perbanyaklah amal saleh. Dan memuji keagungan-Nya serta bersyukur atas nikmat yang telah Dia berikan,” ajak Sulaeman Amba, sembari mengajak pula seluruh masyarakat untuk saling memaafkan dan saling bersapa satu dengan yang lainnya.

Sebagai puncak dari perayaan Idul Fitri, usai sholat Ied bersama, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow langsung menggelar open house di kediamannya, di Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur. Dihari pertama, Bupati Yasti menerima kunjungan ribuan masyarakat yang ingin bersilaturahmi dan berjabatan tangan langsung dengan orang nomor satu di tanah Totabuan itu.

Jajaran PNS Pemkab Bolmong pun tak ketinggalan. Istimewanya, Bupati menerima kunjungan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandow bersama rombongan, Walikota Kotamobagu, Tatong Bara, Wabup Bolmong, Yanny Ronny Tuuk, Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling.

“Secara pribadi, keluarga, bahkan atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten bolmong, saya mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah. Minal aidin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan bathin. Mari kita jadikan momentum ini untuk meningkatkan silaturahmi antar sesama umat,” ucap Bupati. (Ind/Adve)