Bupati Minta JCH Asal Bolmong Jaga Kesehatan Saat Ibadah Haji

0
82
Bupati Melepas JCH Bolmong. (Foto: Indra S. S. Ketangrejo)

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow melepas sedikitnya 73 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bolmong, Selasa (30/7).

Pelepasan JCH oleh Bupati Yasti itu, turut disaksikan Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Bolmong, jajaran pejabat pemerintah daerah dan pihak keluarga.

Bupati Yasti dalam sambutanya meminta JCH asal Bolmong untuk menjaga kesehatan saat melaksanakan rangkaian ibadah haji di tanah suci. “Saya menitip doa, agar Sulut pada umumnya dan Bolmong khususnya, diberikan keberkahan menjadi daerah maju dan sejahterah serta terhindar dari segala musibah,” ucap Bupati.

Sebelum diberangkatkan, para JCH asal Bolmong mendapat uang saku yang telah dianggarkan lewat APBD, serta mendapat bantuan secara pribadi dari Bupati berupa uang tunai, baju koko, sarung dan mukena.

Kepala Kantor Kementrian Agama Bolmong Tafif Pakaya mengatakan, jumlah JCH tahun ini Bolmong paling banyak dengan memberangkatkan 73 orang. Hal ini merupakan hasil kebijakan pemerintah dengan menambah kuota 22 orang.

Itupun ada beberapa yang batal berangkat. Sebab, seharusnya yang berangkat 80 JCH dengan 58 JCH regular dan 22 orang merupakan kuota berjumlah 80 orang.

“Dari seluruh penambahan kuota kabupaten Bolmong mendapat 22 dengan kriteria jamaah usia 70 tahun dan sudah tahun mendaftar,” jelasnya.

Lanjutnya, kebijakan ini masih akan berubah. Sebab tahun lalu JCH bersuai 75 tahun kini berubah harus berusia 70 dan sudah dua tahun mendaftar.  Dan kemugkinan tahun depan berusia 65 tahun. Dari 73 JCH asal  Bolmong paling tertuta berusia 86 tahun dan paling berusia 25 tahun.

“Para JCH asal Bolmong ini sudah melewati beberapa bimbingan manasik haji tingkat kecamatan dan manasik haji tingkat kabupaten dua kali,” katanya.

Diketahui, usai dilepas rombongan menuju asrama haji Manado dan keesokan harinya akan menuju embarkasi Balikpapan. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.