22 Unit Hand Traktor Bantuan Kemendes Terancam Rusak

0
972
BUMDes Belum Terbentuk, 22 Unit Traktor Bantuan Kemendes Terancam Rusak
22 Unit Hand Traktor bantuan kemendes ke Pemkab Bolmong.

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Sejumlah Kepala Desa di Kabupaten Bolmong, mempertanyakan soal bantuan 22 unit Hand Traktor (Traktor Tangan.red) dari Kementerian Desa (Kemendes), yang hingga hari ini belum juga disalurkan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Bolmong.

Padahal, bantuan tersebut hanya diparkir di Gedung Rahmadina Lolak sejak 6 bulan yang lalu. “Bantuan ini mau dibuat apa, sudah lama terparkir disini, lama-kelamaan bisa rusak, harusnya segera disalurkan,” ujar sejumlah Kepala Desa ketika diskusi di Gedung Rahmadina Lolak, Senin (23/5) siang tadi.
Menanggapi hal itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Bolmong, Drs Sunge Paputungan mengatakan, memang bantuan 22 Unit traktor jenis Yanmard ini, diperuntukkan bagi Desa-Desa yang sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), terutama yang bergerak dibidang pertanian.
“Kalau BUMDes di desa sudah dibentuk pasti akan segera disalurkan, karena Hand Traktor (Traktor Tangan.red) ini diperuntukan bagi BUMDes,” ujar Paputungan.
Dirinya berharap, Pemerintah Desa (Pemdes) juga mendorong percepatan pembentukan BUMDes, agar bantuan secepatnya bisa tersalur. “Harus ada BUMDes dulu, agar jelas peruntukannya. Bukan tidak percaya kepala desa, tapi itu (Bantuan.red) kan untuk BUMDes, sehingga ada saling kontrol antara kepala desa dan masyarakat,” terangnya.
Meski demikian, ia meminta Pemerintah Desa agar ikut menopang pengembangan BUMDes, sehingga bisa berjalan dengan baik. “Pemerintah Desa juga harus memberikan modal untuk pengembangan BUMDes, agar badan usaha tersebut bisa berjalan dengan baik,” pungkas Paputungan. (Tr2)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.