Digagas Alfina Sumenda, Pj Bupati Bolmong Launching Forum SAPA LIMI Tanahku

0
38
Camat Poigar Alfina Sumenda dan Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit.

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Dalam rangka pelaksanaan pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan III, yang diselenggarakan di Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Gorontalo Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong ) mengutus 5 orang pejabat Administrator.

Salah satu peserta Camat Poigar, Alfina Sumenda SIP, MM. Menariknya berkat inovasi, gagasan atau hasil idenya, Camat Poigar, yang dikenal ramah dan dekat dengan masyarakat tersebut telah membentuk aksi perubahan. Gagasannya itu yakni Strategi Penanganan Sengketa Tanah Melalui Forum Layanan Inovasi, Mediasi dan Informasi Tanahku Kecamatan Poigar yang dikenal dengan nama SAPA LIMI Tanahku.

Berkat inovasinya tersebut, telah dilaunching Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, beberapa pekan lalu.
Saat diwawancarai media ini, Alfina menjelaskan Forum LIMI Tanahku ini dibentuk untuk membantu Pemerintah dan Masyarakat dalam menangani permasalahan sengketa Tanah secara Musyawarah dan Mufakat. Gagasan ini juga muncul dikarenakan, ia banyak menerima masalah tentang sengeketa tanah diwilayah setempat. Masalah itu berupa sengketa tanah kepemilikan pribadi dan Hak Guna Usaha. Untuk itu, kata dia, Penting sekali adanya Forum LIMI Tanahku ini dibentuk.

“Meski sudah jelas secara hukum tapi masih ada perselisihan, sehingganya harus ada pendekatan dalam bahasa adat istiadat, bahasa iman melalui ruang mediasi. Dengan itu dibentuklah forum Sapa Limi Tanahku,” terang Alfina, yang juga mantan Sekretaris Pribadi (Sespri) Wakil Bupati Bolmong Yani Ronny Tuuk, 2 periode ini.

Lanjut dia, forum ini akan menjadi wadah untuk masalah sengketa tanah dengan melalui musyarawah dan mufakat dalam menyelesaikan sengketa tanah tersebut.

Nah, forum inilah kata Alfina, akan memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang penyelesaian sengketa tanah. Tidak hanya itu, Melakukan mediasi dan memfasilitasi penyelesaian sengketa tanah secara musyawarah mufakat, Melakukan penelitian dan pengkajian terhadap sengketa tanah.

Kemudian Melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam penyelesaian sengketa tanah, dan memberikan rekomendasi kepada pihak-pihak terkait dalam penyelesaian sengketa tanah.

“Forum SAPA LIMI Tanahku kecamatan Poigar ini telah di launching, Jumat (10/11/2023) oleh Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit, acara ini juga ditandai dengan pelepasan balon gas di Lapangan Upacara Kantor Bupati di Lolak ibu Kota Bolmong,” ungkap Alfina.

Sementara itu, Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit berharap semoga aplikasi yang telah digagas oleh pejabat-pejabat daerah kita ini yang tengah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator di Gorontalo, dapat membawah dampak perubahan terhadap pemerintahan yang sementara kita jalani sekarang ini.

“Pejabat kita di Bolmong sangat luar biasa, banyak inovasi yang mereka buat yang sangat berdampak baik pada pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Diketahui, Sebelum launching digelar, Limi Mokodompit menandatangani dan menyerahkan surat pernyataan dukungan terhadap Aksi Perubahan ini.
Pertanda, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow mendukung penuh Aksi Perubahan yang diterapkan untuk digunakan keperluan pemerintahan. (Yono/*).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.