Rakor PKK Sulut, Iryanti Dikukuhkan Ketua Pembina Posyandu 

0
15

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas SSos dikukuhkan sebagai ketua pembina Posyandu, di rakor PKK Sulut yang digelar di Hotel Sentra Manado, Rabu (22/11/2023). Rakor dibuka langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Kesempatan itu, Iryanti mengatakan, sangat bersyukur TP-PKK Bolmong dapat menyampaikan sebagian laporan kegiatan di Bolmong selama tahun 2023.

“Syukurlah sebagian laporan kegiatan TP-PKK Bolmong di tahun 2023 sudah saya sampaikan di forum Rakor yang terdiri dari kegiatan sekretariat dan seluruh kegiatan Pokja. Walaupun masih ada juga kegiatan di November dan Desember nanti yang sedang dalam proses pelaksanaan,” kata Iryanti.

Lanjutnya lagi, Rakor digelar setahun sekali terkait pelaporan kegiatan PKK selama setahun, dan apa yang sudah dilakukan PKK Bolmong dan progres program kegiatan ke depan untuk tahun 2024.

“Tujuan rakor ini juga bisa mendapat masukan dari kabupaten kota lain, terutama bisa saling berbagi semua program yang berhasil dicanangkan di masing–masing daerah,” imbuhnya.

Setelah itu Ketua TP PKK Bolmong juga dikukuhkan sebagai ketua Pembina Posyandu Bolmong. Menurut Iryanti, tugas tersebut tidak akan menambah beban kerja bagi PKK. Dengan dikukuhkannya sebagai Ketua Pembina Posyandu, justru sinergitas antar lembaga semakin kuat.

“Hal penting yang perlu dilakukan untuk memperkuat Posyandu, pertama penguatan koordinasi antarlembaga. Kedua peningkatan kapasitas Posyandu, terutama kelembagaan dan kader. Ketiga, peningkatan kualitas layanan dengan mengintegrasikan layanan Posyandu-BKB (Bina Keluarga Balita)-PAUD,” kata Iryanti.

Menurutnya, TP PKK Bolmong juga siap mendukung pekerjaan rumah yang diberikan kepada PKK. Antara lain, penurunan stunting dengan target menjadi 14 persen pada 2024, pencegahan narkoba melalui keluarga, serta literasi digital untuk mencegah dampak negatif dan keluarga. Sementara itu ketua TP PKK Provinsi Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan mengatakan, pengukuhan itu untuk menyelaraskan program dan kegiatan Posyandu, dan untuk menjaga masyarakat tetap terjaga kesehatannya. Kegiatan ini turut dihadiri kepala Dinas PMD Sulut Darwin Muksin, sekretaris TP-PKK Sulut dr Kartika Kandow-Tanos, dan pengurus TP-PKK Kabupaten Kota se Sulut. (*).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.