Sukses Jadi Pj Bupati Bolmong, Ternyata Perjalanan Hidup Limi Mokodompit Tidak Semudah yang Dibayangkan

0
372
Pj. Bupati Bolmong Ir. Limi Mokodompit, M.M

SIAPA Sangka, meski sukses dalam perjalanan karir sebagai seorang birokrat hingga menjadi Pj Bupati Bolmong, ternyata perjalanan hidup Ir. Limi Mokodompit, M.M, tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang.

Masa kecilnya bahkan bisa dibilang cukup sulit, ia harus berlapang dada ketika sang ayah yang bertugas sebagai anggota Polri meninggal, saat ia masih duduk di bangku SMP.

“Mungkin kalian tidak percaya, tapi perjalanan hidup saya benar – benar tidak mudah hingga bisa sampai ke titik ini,” ujar Papa Fahmi sapaan akrabnya ketika silaturahmi ke Kabupaten Bolsel, Selasa (31/05/2022).

Pria kelahiran 2 Februari 1966 itu mengatakan, sebagai anak tertua dari 6 bersaudara, ia harus menjadi tulang punggung keluarga ketika sang ayah meninggal, apalagi Ibunya hanyalah seorang ibu Rumah tangga biasa.

“Bayangkan dengan pensiunan Janda 250 ribu perbulan, Ibu saya harus menghidupi 6 orang anaknya, maka pada waktu itu, saya akhirnya bertekad menjadi sukses agar dapat membantu ibu dan adik – adik saya,” ucap suami dari Ny. Irianti Suleha Mokodompit-Uswanas S.Sos itu.

Pada tahun 1985 tepatnya diusia yang ke 18 tahun, Limi akhirnya memutuskan untuk merantau ke tanah Papua.

“Saya dengar – dengar disana banyak peluang kerja, benar saja, ketika tiba disana, ternyata di daerah yang luas itu membutuhkan banyak SDM,” ujarnya.

Di tanah Papua, Limi memulai karirnya dari penyuluh pertanian lapangan (PPL), berkat ketekunan dan kerja keras, Limj kemudian diangkat menjadi Kepala Balai Informasi Penyuluhan pertanian.

Tak sampai disitu, karir Limi terus menanjak, ia kemudian dipercaya sebagai Kepala Dinas pertanian Tanaman Pangan dan terakhir menduduki jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup di Pemkab Mimika, Provinsi Papua.

25 tahun lebih berkarir sebagai PNS di Tanah Papua, Limi Mokodompit akhirnya memutuskan kembali ke kampung halaman Provinsi Sulawesi Utara, terhitung sejak tanggal 1 September 2021.

Akan tetapi, meski beberapa kali menduduki jabatan Eselon II di Pemkab Mimika, tak membuat Limi langsung mendapatkan jabatan serupa di Bumi Nyiur Melambai.

Nanti pada akhir November 2021, Limi kemudian diberi kepercayaan oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw memegang jabatan Kepala Bidang (Kabid) Tata Lingkungan DLH Provinsi Sulut.

Selanjutnya pada tanggal 12 Januari 2022, Limi kemudian ditunjuk sebagai Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemrov Sulut, menggantikan pejabat sebelumnya yang purna tugas (Pensiun).

Untuk mendapatkan status pejabat Definitif, Limi harus berjuang, ia kemudian mengikuti seleksi terbuka (Lelang jabatan).

Perjuangannya tidak sia -sia, pada tanggal 31 Januari 2022 ia resmi didefinitifkan sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Seolah tak ada habisnya, keberuntungan Limi terus berlanjut, puncaknya pada tanggal 23 Mei 2022, putra asli Bolaang Mongondow itu, akhirnya dilantik oleh Gubernur Olly Dondokambey sebagai Pj Bupati Bolmong berdasarkan SK Kemendagri.

Biografi Singkat Pj Bupati Bolmong ;

Nama : Ir. Limi Mokodompit, M. M

TTL : Passi, 2 Februari 1966

Rumah Orang Tua : Desa Ibolian, Kecamatan Dumoga Tengah

Rumah Pribadi : di Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Asal Orang Tua ;
Ayah asli Bulud (Merupakan Anggota Polri, pernah menjabat sebagai Lurah Imandi)
Ibu Asli Bintau (Ibu Rumah Tangga)

Istri : Ny. Irianti Suleha Mokodompit-Uswanas, S.Sos (Kabid di Disdukcapil Pemkab Mimika).

Orang tua Istri ; Ayah Asli Fak – Fak dan Ibu Suku Jawa (Lumajang) blasteran Maluku, Ambon.

Anak -anak :

1. Yadly Juliandy Mokodompit, SE, MSi atau akrab disapa Fahmi, saat ini merupakan ASN di Timika.

2. Agrian Novaldy Mokodompit, SH merupakan Karyawan Freeport

3. Feramitha Tiffani Putri Mokodompit, SE, M.M (Lulusan S2 UGM dengan waktu tercepat 1 tahun 1 bulan 13 hari)

Adik – Adik Pj Bupati Bolmong ;

Ramang Mokodompit (Senior Manager Security Risk Managemen PT Freeport Indonesia)

Yoyo Mokodompit (Mantan Karyawan Freeport, sekarang di Australia).

Etin Mokodompit (Saat ini mendampingi beliau)

Rachmat Mokodompit (Super intendent Dept OHS Freeport) Istrinya adalah anggota DPRD Kabupaten Bolmong Sutarsi Mokodompit.

Rahim (Azis) Mokodompit
menjadi Kontraktor di Jayapura.

(***/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.