DPRD Bolmut Apresiasi Sosialisasi Strategi Pengembangan Kapasitas Nelayan

0
358
DPRD Bolmut, Apresiasi Sosialisasi Strategi Pengembangan Kapasitas Nelayan
(Foto : InfoBMR.com)
BOLMUT, DETOTABUAN,COM – Dalam upaya peningkatan mutu serta pengembangan bagi para nelayan yang ada di Kabupaten Bolmut, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bersama Penyuluh perikanan untuk masyarakat nelayan mengadakan sosialisasi Strategi pengembangan Kapasitas Nelayan, yang dilaksanakan di Desa Tombulang Pantai, Kecamatan Pinogaluman, Kab, Bolmut, Rabu (5/10) kemarin.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan program Pemerintah Daerah melalui DKP Tahun 2017 untuk mengembangkan pembudidayaan dan pengolahan hasil perikanan dengan membentuk tim verifikasi pengawasan dan evaluasi bantuan perikanan di Desa, yang anggota tidak lain para pelaku usaha perikanan tangkap, budidaya dan pengolahan hasil perikanan.

Melalui program ini, tiga Desa yang ada dipesisir yakni Desa Tombulang Pantai, Desa Buko Utara dan Desa Sidupa, mendapat kesempatan mendapatkan saluran bantuan. Ketiga Desa ini juga menjadi pilot project terobosan program Kelautan dan Perikanan Tahun 2017, dengan harapan bantuan tersebut tepat sasaran, dikarenakan program ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dalam acara tersebut, hadir pula Bupati Bolmut, Drs. Hi. Depri Pontoh, yang secara resmi membuka kegiatan melalui pemberian bantuan perikanan tepat sasaran bertempat di Bangsal Pengolahan Perikanan desa setempat.

Pontoh, selaku Bupati, memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini.

“Program kegiatan Pemerintah Daerah (Pemda) khususnya di Bidang Perikanan sangatlah penting sebagai kesesuaian program kegiatan antara Pemda dengan Pemerintah Desa,” katanya.

“Sesuai dengan pemetaan wilayah, Kecamatan Pinogaluman merupakan kawasan Minapolitan (Kota Perikanan), sementara Kecamatan Kaidipang sebagai Pusat Pemerintahan, Kecamatan Bolangitang Barat sebagai kawasan Ekonomi dan perdagangan, Kecamatan Bolangitang Timur sebagai kawasan perindustrian, Kecamatan Bintauna sebagai kawasan pendidikan dan Kecamatan Sangkub sebagai kawasan pertanian,” imbuhnya.

Tidak lupa, Bupati, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan semua fasilitas bantuan yang telah diberikan sesuai peruntukkannya,” ujar Pontoh.

Menanggapi kegiatan yang dilaksanakan Pemkab, Ketua Komisi II DPRD Bolmut, Rahman Dontili, memberikan mengapresiasinya dengan  kegiatan Pemda melalui DKP dan Penyuluh Perikanan tersebut.Ia mengharapkan program kegiatan dan bantuan seperti ini bisa terus dilaksanakan ditahun-tahun mendatang dengan memberikan pemahaman dan sosialisasi terlebih dahulu agar masyarakat mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan. (Eky)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.