Bupati Iskandar Ungkap Capaian Pemkab Bolsel Atas Tindak Lanjut Rekomendasi BPK-RI Semester II T.A 2024

0
26

Detotabuan.com,BOLSEL – Bupati H. Iskandar Kamaru SPt, MSi didampingi Sekertaris Daerah M. Arvan Ohy SSTP,MAP dan Inspektur Drs. Ridel Paputungan mengikuti giat Pemantauan Tindak Lanjut atas Rekomendasi Hasil Pemeriksaan dan Penyelesaian Ganti Kerugian Daerah Semester I Tahun 2024 di Ballroom Grand Kawanua Novotel Manado, Senin (10/6/2024).

Kepala Perwakilan BPK – RI Provinsi Sulut Dr. Arief Fadillah SE, MM, CSFA dalam pengantar menjelaskan bahwa tindak lanjut atas rekomendasi pemeriksaan LKPD di Semester II Tahun 2024 ditargetkan mencapai angka 75 persen.

“Visi BPK dalam melakukan kegiatan ini yaitu melakukan pemeriksaan dengan memberikan rekomendasi, pertimbangan dan pendapat. Kemudian yang kedua yaitu mencegah korupsi dan percepatan kerugian negara,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Gubernur Steven Kandouw meminta para kepala daerah di Sulawesi Utara agar mengikuti arahan-arahan dari BPK karena konsekuensinya sudah jelas.

“Apa yang disampaikan oleh Pak Kepala Perwakilan tadi saya kira sangat penting dan mohon ini menjadi perhatian para kepala daerah yang hadir saat ini,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Iskandar dalam pemaparannya mengungkap bahwa Kabupaten Bolsel telah berhasil memperoleh 10 kali Opini WTP secara berturut-turut yang setiap tahunnya diikuti dengan capaian progres tindak lanjut yang memuaskan.

“Saat ini dari pemantauan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK pada semester II tahun 2023 terdapat 632 rekomendasi. Dari angka tersebut, Pemkab Bolsel telah menyelesaikan 531 rekomendasi dengan persentase 84,15 % dan sisanya dalam proses penyelesaian,” jelas orang nomor satu Bolsel ini dalam acara yang turut dihadiri oleh para Bupati/Walikota se-Sulut.

(***/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.