Boltim Rilis Data Covid-19 Terbaru, Satu Orang PDP

0
233

BOLTIM,DETOTABUAN.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) merilis, data terbaru sebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten tersebut, pertanggal 29 April 2020 pukul 21.00 wita.

Terkonfirmasi 1 orang tanpa gejala (OTG), 17 Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan 1 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Kepala Dinas Kesehatan, Eko Marsidi mengatakan, saat ini satu pasien PDP tersebut, sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. Kandou Manado.

“Pasien berjenis kelamin perempuan 45 tahun, memiliki riwayat perjalanan dari Manado, namun yang bersangkutan juga memiliki riwayat penyakit penyerta, hipertensi dan sering cuci darah,” tuturnya saat dikonfirmasi Wartawan.

Menurut Marsidi, yang menetapkan 1 warga Boltim PDP itu adalah RS. Prof. Kandou. Hal ini berdasarkan beberapa gejala yang dialami pasien, namun pihaknya masih tetap menunggu hasil SWAB.

“Mudah-mudahan hasil swab pasien negatif. Kita tunggu hasilnya senin pekan depan,” ujarnya.

Disisi lain, ia meminta masyarakat agar tidak mengucilkan keluarga pasien, karena pihak dinkes telah melakukan pencegahan dini dengan mengisolasi beberapa keluarganya yang memiliki kontak erat dengan pasien.

“Jadi tidak usah panik karena keluarga yang melakukan kontak erat dengan pasien sudah di karantina. Jika sudah ada hasil baru kita sampaikan, karena sampai hari ini stigma itu masih ada, bagaimana masyarakat tidak mengucilkan mereka termasuk keluarganya. Sekarang kita sudah isolasi dan tidak keluar,” pungkasnya. (HM)