Permandian Air Panas Bakan Kembali Dibuka, Pengunjung Wajib Pakai Masker dan Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

0
31
Permandian Air Panas Bakan. (Foto: Ist)

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Setelah sempat ditutup akibat menghadapi Pandemi Covid-19, akhirnya wisata Pemandian Air Panas Bakan kembali dibuka, Jumat (10/07/2020).

Hal itu dikatakan, Kepala Bidang Pemasaran dan Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Dinas Pariwisata Pemkab Bolmong, Alfina Sumenda, mewakili kepala Dinas, Ulfa Paputungan.

“Hari ini destinasi tempat Wisata Air Panas Bakan akan dibuka kembali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan baik kami, Dinas Pariwisata Pemkab Bolmong sebagai Pengelola dan pengunjung yang datang,” ucap

Menurutnya, sesuai protokol kesehatan yang diterbitkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, masker menjadi kelengkapan wajib saat beraktivitas di tempat dan fasilitas umum, tidak terkecuali di kolam renang.

“Tapi tenang, masker tidak untuk digunakan saat berenang kok. Masker hanya dipakai sebelum dan setelah berenang, untuk mencegah penularan Covid-19 di antara sesama pengunjung kolam renang. Selain itu wisata lain seperti Pasir Putih juga dibuka kembali,” ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa aturan yang berlaku di kolam renang menurut protokol kesehatan yang diterbitkan Kemenkes. “Untuk itu kami selaku pengelola, yang pertama pada air di kolam renang menggunakan desinfektan dengan clorin 1-10 ppm atau bromin 3-8 ppm sehingga pH (kadar keasaman) air mencapai 7,2-8, dan harus dilakukan setiap hari serta hasilnya diinformasikan di papan informasi agar dapat diketahui oleh konsumen,”tuturnya.

Pembersihan dan desinfeksi dilakukan terhadap seluruh permukaan di sekitar kolam renang, seperti tempat duduk lantai serta petugas pos menggunakan APD. “Sementara untuk pengunjung, persyaratannya seperti bersedia diukur suhu tubuh, dapat menunjukkan identitas/kartu notifikasi dari desa/kelurahan, harus dalam keadaan sehat dan wajib mengisi form self assessment risiko Covid-19,” ungkapnya.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di era new normal, Alfina pun mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk kembali mengunjungi pemandian Air Panas Bakan. “Manjo pasiar ka Bakan dengan tetap perhatikan protokol kesehatan, lawan Covid-19,” harapnya. (Ind)