Pemkot Tangerang Launching CFD 13 Kecamatan

0
14
Suasana Launching CFD di Kota Tangerang. (Foto : Tangerangkota.go.id)

DETOTABUAN.COM,TANGERANG – Guna mengurangi polusi udara di Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaunching Hari Bebas Kendaraan atau Car Free Day (CFD) tingkat kecamatan, yang berlangsung di 13 kecamatan di Kota Tangerang, Minggu (15/1/23).

Kepala DLH, Kota Tangerang, Tihar Sopian mengungkapkan CFD 13 Kecamatan akan rutin berlangsung satu bulan sekali diminggu kedua, mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. Menghadirkan berbagai kegiatan positif, mulai dari senam bersama, hadirnya sederet gerai UMKM hingga berbagai layanan terpadu yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Tahun lalu, CFD tingkat kecamatan baru berlangsung di tujuh kecamatan. Mulai bulan ini, sudah berlangsung di seluruh kecamatan di Kota Tangerang. Salah satu tujuannya, ialah dapat menguji emisi udara yang ada di wilayah Kota Tangerang, serta mengurangi polusi udara yang ada di Kota Tangerang disetiap kecamatannya,” tegas Tihar.

Ia pun menuturkan, CFD 13 Kecamatan ini juga berkolaborasi dengan OPD terkait untuk memberikan layanan masyarakat diakhir pekan. Pelayanan publik yang ada di CFD, diantaranya SIM keliling, pembayaran pajak, hingga pembuatan SKCK.

“Selain itu juga ada, cek kesehatan dari Dinkes, perpustakaan keliling dari DPAD, pelayanan pajak PBB dari Bapenda, pembuatan KIA dari Disdukcapil dan Donor Darah dari PMI Kota Tangerang. Setiap kecamatan pelayanan terpadunya bisa beda-beda,” jelas Tihar.

Sementara itu, di Kecamatan Jatiuwung CFD berlangsung di Jalan Dahu dan cukup mendapat respon yang baik dari masyarakat. Sejak pagi, ratusan orang memadati kawasan CFD Jatiuwung dengan berbagai pilihan aktivitas olahraga gememarannya.

“Dimulai dengan senam bersama, dan dilanjut aktivitas yang masing-masing mereka gemari. Main sepeda, olahraga lari, badminton, kuliner atau belanja produk UMKM yang tersedia di lokasi. Masyarakat terlihat senang dengan program CFD ini, tak perlu jauh-jauh ke kawasan Tugu Adipura yang biasanya pusat CFD Kota Tangerang,” papar Edih, Camat Jatiuwung.

Sebagai informasi, ini lokasi CFD 13 Kecamatan di Kota Tangerang;
1. Kecamatan Neglasari – Jalan Marsekal Suryadarma
2. Kecamatan Pinang – Jalan Pinang Kunciran
3. Kecamatan Larangan – Jalan Perumahan Puri Beta I
4. Kecamatan Cibodas – Palem Semi
5. Kecamatan Jatiuwung – Jalan Dahu
6. Kecamatan Benda – Duta Garden
7. Kecamatan Tangerang – Jalan M Yamin (Tugu Adipura)
8. Kecamatan Cipondoh – Jalan Irigasi Sipon
9. Kecamatan Karawaci – Jalan Berhias
10. Kecamatan Batuceper – Jalan Juanda
11. Kecamatan Karang Tengah – Komplek CBD
12. Kecamatan Periuk – Grand Tomang
13. Kecamatan Ciledug – Jalan Pojok Peruri

(***)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.