Unpad Anugerahkan Gelar Doctor Honoris Causa Kepada Megawati

0
819
JAKARTA – Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri Terkemuka dan tertua di Indonesia, Rabu (25/05) tadi, resmi menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa ( Dr HC), dalam bidang Politik dan Pemerintahan, kepada Presiden Republik Indonesia ke-5, Megawati Soekarno Putri.
Pemberian Gelar Doktor Honoris Causa kepada Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarno Putri.  Atas disertasinya yang berjudul “PEMIKIRAN POLITIK MEGAWATI , KESEIMBANGAN ANTARA NEGARA DAN MASYARAKAT”  dengan Tim Promotor Prof Dr H Obsatar Sinaga, MSi, Prof Dr Oekan Soekotjo Abdoellah,MA PhD dan Dr Arry Bainus,MA.
Prof Dr H Obsatar, Msi selaku ketua tim promotor mengatakan, penganugerahan gelar Dr HC kepada Megawati, didasari oleh perjalanan dan sikap politik Megawati yang dibagi menjadi tiga tahap.
Tahapan itu adalah masa sebelum Megawati menjabat presiden kelima Republik Indonesia, masa ketika Megawati menjabat presiden, dan masa setelah tak lagi menjabat presiden.
Obsatar menilai, Megawati memiliki peranan penting dalam mengawal konsolidasi demokrasi di Indonesia, pasca-dirinya menjadi mandataris MPR menggantikan Abdurrahman Wahid.
Sementara itu, Wakil Presiden Yusuf Kalla memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Megawati atas penganugerahan gelar Dr HC tersebut.
“Meraih gelar doktor akademis itu sulit karena harus melakukan proses penelitian, membaca, dan lain sebagainya, tapi meraih gelar Doktor Honoris Causa jauh lebih sulit karena harus melalui proses puluhan tahun mengabdikan dirinya di masyarakat,” ucap Wakil Presiden yang langsung disambut tepuk tangan oleh para tamu undangan.
Penganugerahan gelar Dr HC kepada Megawati pun ditutup dengan pengalungan simbol Dr. HC kepada Megawati oleh Rektor Universitas Padjadjaran Prof Dr med Tri Hanggono Achmad.
“Dengan ini secara resmi Ibu Megawati Soekarnoputri menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Padjadjaran beserta hak dan kewajiban yang mengikatnya,” ujar Tri Hanggono yang sekaligus mengakhiri prosesi penganugerahan gelar Dr. HC kepada Megawati.
Diketahui, Ini adalah kali keempat Megawati mendapat gelar honoris causa. Sebelumnya, ia mendapatkan gelar doktor kehormatan dari luar negeri, yakni Wasseda University, Jepang; Moscow State Institute, Rusia; dan MIT Ocean University, Korea Selatan.
Selain dihadiri Wapres RI, keluarga dan kerabat Megawati. turut hadir dalam penganugerahan tersebut diantaranya, mantan Bendahara Umum DPP PDIP tiga periode, yang saat ini telah menjabat sebagai Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE, di dampingi istri tercinta Nyonya Ir Rita M Dondokambey-Tamuntuan. (Kompas/Hms/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.