Banjir dan Tanah Longsor Landa Pesisir Utara BMR

0
581
Jembatan di Desa Sauk, Ambruk akibat Banjir

BOLMONG,DETOTABUAN.COM-Hujan lebat dan disusul tanah longsor siang tadi melanda dua kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow. Yaitu di kecamatan Lolak dan Kecamatan Sangtombolang. Kondisi Siaga banjirpun diberlakukan di daerah tersebut.

Menurut hasil raeles dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPDB) Bolaang Mongondow, pada malam ini (21/01/2016) sejumlah desa di dua kecamatan tersebut sudah terendam air akibat luapan sungai disekitar desa.

Banjir merendam rumah warga di wilayah pesisir Utara BMR
Banjir merendam rumah warga di wilayah pesisir Utara BMR (Foto : Istimewa)

Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Bolmong, Abdul Muin Paputungan mengatakan, Tim Rescue dipimpin langsung Kepala Pelaksana BPBD Ir Channy Wayong dan Kepala Bidang Penanganan Darurat Soehendra Hamim ST ME sudah meninjau lokasi rawan dan potensi bencana banjir di dua kecamatan itu, Kamis siang.

“Tim rescue sendiri hingga kini masih stand by dan memonitoring wilayah tersebut dengan mengggunakan mobil rescue yang dilengkapi perahu karet untuk persiapan evakuasi,” katanya.

Paputungan juga mengatakan, pihaknya sudah melakukan imbauan langsung kepada masyarakat melalui pengeras suara mobil rescue agar tetap waspada dengan kondisi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini. Begitupun lewat pemerintah desa yang diumumkan di Masjid maupun Gereja.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan instansi terkait, PMI, dan lembaga Lainnya untuk menyikapi kondisi yang terjadi di lapangan sesuai dengan rencana kontijensi hasil rapat koordinasi siaga darurat bencana banjir dan tanah longsor,” pungkasnya (bM)

Editor : Octav Singal