Dibuka Ibu Negara, Iryanti Ikuti Rakor TP PKK Tingkat Nasional

0
33
Rakor TP PKK

JAKARTA – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bolaang Mongondow Ny Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas S.Sos dan jajaran pengurus PKK Provinsi Sulawesi Utara, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TP PKK yang dibuka langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, di Jakarta International Expo Convention Centre, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Ibu Negara Iriana Jokowi menyampaikan, penyelenggaraan rakornas dilakukan guna menyelaraskan pencapaian target program agar gerakan PKK makin maju dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

“Rakornas ini sangat penting untuk menyelaraskan program dan juga pencapaian target-target program yang telah diselenggarakan PKK, membuat gerakan PKK makin maju dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” ujar Ibu Iriana.

Dalam Rakornas TP PKK Tahun 2022, selain dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Sulut, juga di ikuti oleh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut.

Rakornas mengusung tema Pemantapan Program untuk Keberhasilan Rencana Induk Gerakan PKK 2021 – 2022. Rakornas juga menghadirkan beberapa narasumber antara lain Eko Prasetyanto Purnomo Putro selaku Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kemendagri, H. Teguh Setyabudi Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, dan A. Kasandra Putranto Psikolog Klinis Forensik.

 

Menurut Ibu Negara Iriana, rakornas TP PKK ini bertujuan mendorong pengurus dan kader di seluruh daerah dapat menyusun program kegiatan dengan mengacu pada empat komponen yang selaras dengan 10 program pokok PKK.

Keempat komponen program tersebut yakni komponen program kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan sosial.

Iriana berharap penyelenggaraan rakornas tersebut menghasilkan gagasan pemikiran yang dapat meningkatkan kapasitas kelembagaan PKK agar tumbuh lebih kuat dan hebat.

 

“Semoga rakornas ini berlangsung lancar dan sukses, menghasilkan gagasan-gagasan dan pemikiran maju yang dapat meningkatkan kapasitas kepemimpinan dan kelembagaan PKK agar tumbuh makin kuat, hebat, dan maju,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Bolmong Ny Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas S.Sos mengatakan, Rakornas TP PKK ini juga ditentukan program prioritas yang masih berkaitan dengan fungsi dari empat kelompok kerja (Pokja) TP PKK.

Program Prioritas itu yakni pola asuh dalam keluarga, meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga, dan kesehatan dasar keluarga.

 

Dari keempat program prioritas tersebut, telah ditentukan jenis program yang berciri khas gerakan PKK dan menjadi identitas program ysng sikelola dari dan oleh TP PKK.

Keempat program yang berciri khas gerakan PKK antara lain Program Pendidikan karakter keluarga melalui pola asuh anak dan remaja di Era Digital (Paaredo), program lainnya adalah Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Gelari Pelangi), kemudian program lainnya adalah Gerakan Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri, TEratur, Indah, dan Nyaman (Aku Hatinya-PKK), selanjutnya adalah Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana). (*).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.