Dinkes Bolmong Asapi Desa Tadoy

0
465

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Adanya penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) yang meninggal dunia setelah mendapat perawatan medis, didesa Tadoy Kecamatan Bolaang, membuat Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow bergerak cepat dengan melakukan Fogging atau pengasapan di wilayah sekitar penderita tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow, drg Rudiawan mengatakan, jika Fogging atau pengasapan yang dilakukan diwilayah tersebut bertujuan untuk mencegah Kejadian Luar Biasa yang kerap terjadi diwilayah tersebut, antara lain dengan adanya kasus DBD.

“Tujuan dilakukan Fogging adalah untuk mencegah, berkembangnya nyamuk Aedes aegypti sebagai penyebab Virus, sekaligus untuk radius 100 Meter dari rumah penderita bisa terhindar dari penyebaran Virus DBD yang disebabkan oleh Gigitan nyamuk Aedes aegypti” Terang Rudiawan

Selanjutnya Rudiawan juga mengingatkan agar masyarakat di Bolaang Mongondow juga harus menerapkan 3M sebagai upaya pencegahan yang paling mudah dilakukan. Karena kebersihan lingkungan dan rumah sendiri merupakan hal yang paling penting dalam mencegah DBD.

“kami juga menghimbau masyarakat, agar menerapkan 3M di rumah masing-masing, itu adalah upaya yang paling mudah untuk mencegah perkembangan nyamuk Aedes aegypti. Kebersihan lingkungan dan rumah sendirilah yang paling penting” Ujar Rudiawan

Peliput : Octav Singal