Dishubparkominfo Bolmut Gelar Workshop dan Bimtek Pengembangan Sistem Sadar Wisata

0
341

BOLMUT,DETOTABUAN.COM – Senin (21/12/2015) Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Drs. FARIDUDIN GUMOHUNG membuka acara Workshop dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan sistem Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang bertempat di Hotel Boroko.

Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama antara Kementerian Pariwisata RI dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai konsep sadar wisata dan sapta pesona sebagai unsur penting dalam pengembangan kepariwisataan di tingkat Nasional maupun di Daerah yang akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat, memberikan acuan bagi pihak dan pemangku kepentingan dalam pengembangan kepariwisataan ke dalam langkah-langkah kebijakan dan program nyata dan dapat diterapkan, serta mendorong peran aktif segenap komponen masyarakat dalam mendukung upaya terwujudnya Sadar wisata dan Sapta Pesona.

Sambutan Bupati Bolaang Mongondow Utara yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara serta segenap komponen yang telah memprakarsai kegiatan ini sehingga dapat terselenggara.

Bupati mengatakan kepariwisataan merupakan integral dari pembangunan Nasional yang dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu, berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai-nilai agama, budaya yang hidup dalam masyarakat, kelestarian dan mutu lingkungan hidup serta kepentingan Nasional. Pembanguna kepariwisataan diperlukan untuk mendorong pemerataan kesempatan berusaha dan memperoleh manfaat serta mampu menghadapi tantangan perubahan kehidupan lokal, Nasional dan Global.

Pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata, tidak hanya dikelola oleh Pemerintah Daerah, dibutuhkan kesertaan masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik untuk menciptakan iklim yang kondusif. Karena itu, dibutuhkan proses dan pengkondisian untuk mewujudkan masyarakat yang sadar wisata dan akan dapat memahami nilai-nilai penting yang terkandung dalam sapta pesona.

Sapta pesona sebagai penjabaran konsep sadar wisata yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat agar mampu mendorong tumbuh kembangnya industri pariwisata melalui perwujudan unsur dalam sapta pesona yang terdiri dari unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.

Untuk itu, Bupati menyampaikan semoga kegiatan ini membawa kiprah yang lebih baik untuk kemajuan sektor pariwisata di Daerah serta mampu menggerakkan dan menumbuhkan motivasi, kemampuan dan kesempatan bagi masyarakat untuk mengenali dan mencintai tanah air.

Acara dihadiri oleh Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara P. O. EDWARD, M.Pd, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Moh. SYARIFUDIN POTABUGA, SE, MM, SKPD terkait, Stakeholder Pariwisata dan Masyarakat.(*)

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.