Hasil Verifikasi KPU, BerKAH Memenuhi Syarat, RISKI Masih Tunggu Swab Lanjutan

0
29

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar rapat pleno terbuka terkait Pemberitahuan Hasil Verifikasi Persyaratan Bakal Calon pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bolsel tahun 2020, Minggu (13/9/2020) tadi malam

Hasil verifikasi tersebut, diserahkan langsung oleh Ketua KPU Bolsel Stenly E. Kakunsi kepada Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Hi. Iskandar Kamaru, SPt – Deddy Abdul Hamid (BerKAH) yang didampingi LO.

Komisioner KPU Divisi Teknis SDM dan Parmas KPU Fijay Bumulo mengungkapkan, bahwa yang diserahkan itu, adalah hasil pemeriksaan kesehatan dan lampiran yang memuat item keabsahan calon.

“Jadi tadi kita sudah menyerahkan item keabsahan calon, juga hasil tes kesehatan, meski masih ada beberapa item yang harus diperbaiki oleh pihak bakal calon dalam waktu tiga hari,” ujarnya.

Sementara untuk pasangan bakal calon Riston Mokoagow dan Selvia Van Gobel (RISKI), KPU masih menunggu hasil swab lanjutan yang menyatakan keduanya negatif.

“Kalau itu sudah ada, maka kami akan membuat tahapan secara khusus,” kata Jay, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Calon Bupati, Hi. Iskandar Kamaru saat diwawancarai usai pleno mengatakan, untuk Pasangan BerKAH, untuk pemeriksaan kesehatan semua sudah memenuhi syarat.

“Tinggal beberapa item yang dilengkapi, sesuai PKPU Nomor 9, seperti tempat dan tanggal lahir, umur dan juga struktur tim kampanye tinggal itu, namun untuk pemeriksaan kesehatan, semuanya sudah memenuhi syarat,” ungkap Kamaru. (*/Tio)