Bumikan Pancasila, Bupati Iskandar Tandatangani Nota Kesepakatan dengan BPIP

0
57

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru SPt bersama pemerintah Provinsi dan kabupaten Kota di Sulut, menandatangani Nota Kesepakatan dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Kamis (14/07/2022) tadi.

Penandatanganan dirangkaikan dengan Deklarasi Jejaring Panca Mandala, dengan Tema “Membangun Sinergitas Pembumian Pancasila di Sulut” yang dilaksanakan di Ruang Mapalus Kantor Gubernur, di Manado.

Bupati Iskandar mengatakan, ada beberapa pesan penting yang disampaikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat itu, diantaranya, meminta kepada seluruh kalangan, untuk menjunjung tinggi Pancasila dan mengingat sejarah tentang bagaimana dibentuknya Pancasila.

“Selain itu, dalam menghadapi arus globalisasi yang kian deras, kita harus mampu menjaga eksistensi ideologi Pancasila, melalui pemahaman dan pengamalannya di seluruh pelosok Sulawesi Utara termasuk di Kabupaten Bolsel,” ujar Bupati.

Kepala Kesbangpol Syukri Van Gobel menambahkan, selain membumikan nilai – nilai pancasila, pada Rencana Jejaring Panca Mandala Bolsel, BPIP menugaskan dua hal penting kepada Panca Mandala Bolsel.

“Pertama, menyelenggarakan Pelatihan Industri ekonomi kreatif melalui Desa Industri. Kedua, menyelenggarakan sosialisasi Pancasila bagi Desa Industri,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BPIP Prof. Yudian Wahyudi, Sekprov Sulut DR. Praseno Hadi, Bupati/Walikota se-Sulut, Kadis Perkim Arman Dali, Kepala Kesbangpol Syukri Van Gobel bersama Jejaring Panca Mandala Bolsel dan para undangan lainnya.

(**/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.